Lima Pendidikan Karakter Ini Seharusnya Ditanamkan Semenjak Dini di Sekolah

Karakter yakni ciri khas individu yang dibeberkan melalui sistem bersikap, berbuat, dan berperilaku untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, ataupun masyarakat.

Anak memiliki karakter bagus akan jadi orang dewasa yang mampu membikin keputusan dengan bagus dan ideal serta siap mempertanggungawabkan tiap-tiap keputusan diambil. Telah patut sekolah sebagai lembaga pengajaran ikut menanamkan karakter baik pada tiap-tiap individu anak. Jangan ketinggalan informasi mengenai Homeschooling disini.

Setidaknya ada 5 karakter yang seharusnya ditanamkan pada anak di lingkungan sekolah.

1. Karakter religius
Menanamkan karakter religius yaitu langkah awal menumbuhkan sifat, sikap, serta perilaku keberagamaan pada masa perkembangan selanjutnya. Masa kanak-kanak yaitu masa paling baik menanamkan nilai-nilai keagamaan.

2. Cinta kebersihan serta lingkungan
Pembuatan jadwal piket di tiap kelas, agenda bersih-bersih bareng seminggu sekali, ataupun lomba kebersihan lingkungan sekolah ialah teladan yang bisa digunakan di lingkungan sekolah sebagai usaha menanamkan rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan.

3. Sikap jujur
Sikap jujur memberi dampak positif teradap berbagai sisi kehidupan, baik di masa sekarang ataupun akan datang. Kejujuran ialah investasi benar-benar berharga serta modal dasar untuk terciptanya komunikasi efektif serta hubungan yang sehat.

4. Sikap peduli
Kepedulian anak bisa ditanamkan di sekolah melalui bermacam-macam cara. Misal dikala ada teman kelas sakit maka bisa menjenguk atau bisa juga mengumpulkan uang dari teman-teman satu kelas lalu dibelikan sesuatu sebagai bawaan ketika menjenguk sebagai wujud kepedulian.

5. Rasa cinta tanah air
Cinta tanah air atau nasionalis merupakan metode berdaya upaya, bertindak, dan berwawasan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi ataupun kelompok. Karakter nasionalis bisa ditanamkan lewat beberapa hal, diantaranya lewat upacara bendera.

Lewat penanaman kelima karakter di lingkungan sekolah ini, harapannya anak bisa tumbuh jadi pribadi yang memiliki kecerdasan intelektual serta metode bersikap yang prima. Menjadi pribadi mempunyai ilmu dan pengetahuan tinggi saja tentu tak cukup, anak pun seharusnya dibekali dengan sikap atau karakter baik.